Senam Ketangkasan Menggunakan Alat dan Tanpa Alat

Senam ketangkasan sering dikatakan dengan senam pertandingan atau senam artistik , karena bentuk-bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan, baik mengenai sikap pada waktu akan melakukan, keindahan, dan ketepatan, serta keseimbangan pada sikap akhir. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat dinamakan senam lantai (floor exercise), sedangkan senam ketangkasan menggunakan alat dinaakan senam alat.

1. Senam Lantai Menggunakan Alat

Latihan pada nomor senam alat mempunyai tiga gerakan yang terdiri atas gerakan ayunan, bertahan, dan keseimbangan yang baik. Peralatan yang digunakan untuk senam lantai menggunakan alat sebagai berikut.

a. Artistik putra : lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, dan palang tunggal.

b. Artistik putri : kuda-kuda lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, dan lantai.

Berikut bentuk-bentuk latihan senam alat.

a. Lompat kangkang

senam lantai

Bentuk latihan lompat kangkang ada dua macam, yaitu lompat kangkang tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat dan lompat kangkang tumpuan pada bagian ujung kuda-kuda lompat.

1). Lompat kangkang tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat
Latihan dilakukan dengan melompat kangkang sambil menumpu di pangkal kuda-kuda lompat. Cara melakukannya sebagai berikut.

a). Awalan lari cepat badan condong ke depan.
b). Kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan, badan lurus, tungkai dipisahkan.
c). Saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya. Badan melayang di atas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan, dan pandangan ke depan.
d). Mendarat dengan ujung kaki dan lengan direntangkan ke atas.

2). Lompat kangkang tumpuan pada ujung kuda-kuda lompat.

Cara melakukan lompat kangkang tumpuan pada ujung kuda-kuda lompat sebagai berikut.
a). Awalan lari cepat bedan condong ke depan.
b). Kedua kaki menolak pada papan tolak , segera setelah tangan menyentuh pada bagian ujung kuda-kuda, tangan menolak sekuat-kuatnya, tungkai dipisahkan dan diayun ke arah perut.
c). Ayunan lengan melingkar ke belakang atas, badan membusur , melayang, tungkai rapat, dan pandangan ke depan.
d). Mendarat dengan ujung kaki dan lengan direntangkan ke atas.

b. Lompat jongkok
Cara melakukan lompat jongkok tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat sebagai berikut.

senam lantai

1). Awalan lari cepat badan condong ke depan.
2). Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan ke atas, baan melayang, tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda, dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan.
3). Kedua tangan menolak dengan sekuat tenaga, dan lutut dilipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada di atas ujung kuda-kuda. Mendarat pada ujung kaki, dan lengan direntangkan ke atas.

2. Senam Lantai Tanpa Menggunakan Alat

Senam lantai tanpa menggunakan alat dapat dilakukan dengan beberapa bentuk latihan berikut.

a. Guling ke depan (forward Rolll)
Guling ke depan adalah gerakan berputar ke depan dengan posisi badan membulat dan dilakukan di lantai atau matras. Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan awalan jongkok dan guling depan dengan awalan berdiri.

b. Guling ke belakang (backward roll)
Guling ke belakang adalah gerakan berputar ke belakang dengan posisi badan membulat dan dilakukan di lantai. Latihan guling ke belakang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke belakang dengan awalan jongkok dan guling ke belakang dengan awalan berdiri.

c. Guling lenting ( neckspring )
Guling lenting adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

d. Sikap lilin
Sikap lilin adalah sikap yang dibuat dari sikap semula tidur terlentang kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas kedua tangan menopang pinggang.

e. Gerakan kayang 
Kayang adalah suatu bentuk sikap badan telentang yang membusur, bertumpu pada kedua tangan, dan kedua kaki lengan siku-siku dan lutut lurus.

f. Berdiri dengan tangan (handstand)
Handstand adalah berdiri dengan kedua telapak tangan sebagai tumpuan, kedua tangan lurus dengan siku. Kedua kaki rapat dan lurus ke atas.

g. Loncat harimau (tiger sprong)
Latihan loncat harimau adalah suatu gerakan meloncat seperti harimau menerkam mangsanya, kemudian diikuti gerakan roll depan.

h. Berdiri dengan kepala (headstand)
Headstand adalah sikap badan berdiri tegak dengan kepala sebagai tumpuan dan ditopang oleh kedua tangan.

Kosakata Penting
  • Dinamis : penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan.
  • Ketangkasan : kecepatan, keakasan, kecekatan, kepandaian.
  • Lenting : sifat bahan yang kembali dengan sendirinya ke bentuk semula apabila meregang atau apabila penyangganya tidak bekerja lagi.
  • Matras : alas lantai untuk berolahraga
  • Statis : dalam keadaan diam (tidak bergerak, tidak aktif, tidak berubah keadaannya)




Related Posts