Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Kecil

Secara umum, gerak dasar dalam permainan bola kecil dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerak dasar tersebut dapat dipraktikkan secara bersamaan atau dalam rangkaian gerak. Misalnya, ketika melakukan gerak berlari, melompat dan menagkap bola, kamu melakukan tiga gerak sekaligus, yakni gerak berpindah tempat (lokomotor), menekuk tubuh (nonlokomotor), dan menangkap bola (manipulatif)

1. Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Melalui Permainan Kasti.

Keterampilan gerak dalam permainan kasti tidak terlepas dari gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak mengayun lengan saat akan memukul bola, kemudian gerak memukul bola dilanjutkan dengan gerak berlari merupakan kombinasi gerak dasar dalam permainan ini. Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti di antaranya sebagai berikut.

A. Berlari dan Menangkap Bola
Rangkaian gerak berlari dan menangkap bola merupakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang ditandai dengan gerak berlari yang berpindah tempat (lokomotor), gerak menekuk kedua lengan, membungkukkan tubuh (nonlokomotor) dan gerak menangkap bola (manipulatif).

Gerak berlari merupakan gerakan yang pasti ada ketika kamu bermain kasti, pemain berlari untuk mendekati arah jatuhnya bola, berlari untuk mencapai tiang hinggap atau ruang bebas. Begitu juga dengan gerakan menangkap bola yang mendukung terhadap penguasaan keterampilan gerak lainnya seperti gerak melempar. Kombinasi kedua gerak tersebut dapat di praktikkan setelah kamu menguasai gerak dasar dari masing-masing gerakan. Kombinasi gerak ditampilkan dalam bentuk rangkaian gerak, mulai dari gerak berlari mendekati arah jatuhnya boa hingga menangkap bola dengan sempurna.


B. Memukul Bola dan Berlari
Rangkaian gerak memukul bola dan berlari merupakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang ditandai dengan persiapan gerak memukul dengan menekuk lengan yang memegang tongkat pemukul bola (nonlokomotor), gerak memukul bola dengan tongkat pemukul bola (manipulatif), dan gerak berlari (lokomotor).

Kombinasi gerak tersebut dapat dipraktikkan setelah kamu menguasai gerak dasar dari masing-masing gerakan. Kombinasi kedua gerak tersebut mendukung terhadap keterampilan bermain dalam permainan kasti, yaitu kemampuan untuk memukul bola dengan benar dan mampu berlari dengan cepat tanpa dimatikan oleh regu penjaga sehingga mendukung regu dalam menghasilkan poin.

2. Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Melalui Permainan Rounders

Keterampilan gerak dalam permainan rounders, hampir sama dengan keterampilan gerak dalam permainan kasti. Di dalamnya terdapat kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Misalnya gerak mengayun lengan saat akan memukul bola, kemudian gerak memukul bola dan dilanjutkan dengan gerak berlari yang mendukung terhadap keterampilan bermain secara keseluruhan. Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan ronders di antaranya sebagai berikut.

A. Menangkap dan Melempar Bola
Rangkaian gerak menangkap dan melempar bola merupakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang ditandai dengan gerak menekuk lengan saat akan menangkap bola dan mengayun lengan saat akan melempar bola (nonlokomotor) gerak menangkap dan melempar bola (manipulatif), dan gerak berpindah tempat/melangkah saat akan menangkap bola atau setelah melempar bola (lokomotor)

Gerak menangkap dan melempar bola merupakan satu kesatuan gerak yang saling berkaitan. Tanpa kemampuan menangkap yang baik, kemampuan melempar bola akan terhambat. Gerakan tersebut mendukung terhadap penguasaan keterampilan gerak melemparnya. Kombinasi kedua gerakan tersebut dapat dipraktikkan setelah kamu menguasai gerak dasar dari masing-masing gerakan. Kombinasi gerak ditampilkan dalam bentuk rangkaian gerak, mulai dari posisi diam hingga dilanjutkan dengan bergerak.


B. Memukul Bola dan Berlari
Gerak memukul bola dalam permainan rounders dipraktikkan dengan memegang tongkat pemukul dengan kedua tangan. Rangkaian gerak memukul bola dan berlari merupakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang ditandai dengan persiapan gerak memukul dengan menekuk lengan yang memegang tongkat pemukul bola (nonlokomotor), gerak memukul bola (manipulatif, dan gerak berlari (lokomotor)

Kemampuan mempraktikkan kedua gerakan tersebut perlu dilatih dengan kemampuan mengantisipasi bola datang dan mengarahkan bola hasil pukulan sehingga mendukung terhadap gerak berlari saat bermain rounders.


(Khairul Hadziq, M.Pd)
khairulhadziq@gmail.com

Related Posts