Permainan Bola Kecil ( Bulu Tangkis )

Posting Komentar
Selain permainan bola besar yang biasa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, ada juga jenis permainan bola kecil yang tidak kalah menyenangkan saat dimainkan. Permainan bola kecil dapat kamu mainkan secara berkelompok ataupun individu. Terdapat perbedaan antara permainan bola besar dan bola kecil. Perbedaan tersebut tentu saja pada ukuran bola yang dipakai itu sendiri. Salah satu contoh permainan bola kecil, yaitu bulu tangkis. Permainan bulu tangkis dilakukan dengan alat bantu pukul yang disebut raket.

bulutangkis

A. Mengenal Permainan
Bulu tangkis atau badminton ialah salah satu permainan bola kecil yang paling populer di indonesia selain sepak bola. Anak-anak, remaja , dan orang dewasa pasti mengetahui jenis permainan yang memiliki ciri khas menggunakan raket sebagai pemukul dan bola yang disebut kok ini.

1. Pengertian dan Sejarah
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh satu orang atau dua orang dalam satu tim. Pertandingan individu bisa disebut sebagai pertandingan tunggal, sedangkan sebutan pemain ganda ditujukan untuk dua orang yang bermain dalam satu tim. Pertandingan ganda pun dapat dibedakan menjadi tiga, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran yang terdiri dari satu pemain laki-laki dan satu perempuan.

Awalnya pemain bulu tangkis berasal dari India dan Tiongkok. Permainan ini mulanya dilakukan dengan kaki agar bola tidak jatuh di tanah. Kepopuleran bulutangkis sampai ke negara Inggris. Di sana permainan bulu tangkis mengalami modifikasi dengan menggunakan tongkat. Sampai akhirnya penduduk inggris membawa tongkat atau battledores ini ke Tiongkok , Jepang, dan Thailand. Seorang tentara yang berasal dari Britania yang mencetuskan permainan battledores yang kemudian dikombinasikan dengan net dan dimainkan secara berlawanan pada abad 19. Awalnya permainan ini bernama poona, karena dibuat di Kota Pune. Kemudian tentara tersebut membawa permainan poona tersebut ke Inggris pada tahun 1950-an. Sampainya permainan ini di Inggris, sebutan poona diubah menjadi badminton hingga sekarang ini atau bisa disebut bulutangkis di Indonesia. Badminton World Federation ( BWF ) ialah induk organisasi yang menaungi permainan bulu tangkis dunia. Di Indonesia sendiri, Induk organisasi bulu tangkis dibentuk pada 5 Mei 1951 dengan nama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia ( PBSI ).

2. Sarana dan Peralatan
Permainan bulu tangkis umumnya dimainkan di dalam ruangan ( indoor ). Meskipun kita sering melihat permainan ini dilakukan di luar ruangan, namun pada pertandingan resmi bulu tangkis dilakukan di dalam ruangan. Sarana yang diperlukan dalam permainan bulu tangkis antara lain lapangan, net, raket dan kok. Berikut ketentuan sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan bulu tangkis.

a. Lapangan yang digunakan dalam bulu tangkis : panjang 13,40 m lebar 6,10 m jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m tinggi tiang net 1,55 m dan tinggi net 1,524 m.

b. Net merupakan jaring yang digunakan sebagai pembatas daerah permainan dalam bulutangkis. Net yang digunakan dalam permainan bulu tangkis telah ditentukan oleh BWF dengan ketentuan terbuat dari tali yang halus, berwarna hijau tua, panjang net 6,10 m dan lebar net 0,76 cm.

c. Kok adalah bola kecil dalam permainan bulu tangkis. Bola tersebut berbentuk kerucut yang dinamakan shuttlecock atau kok. Terdapat syarat-syarat yang ditentukan oleh BWF dalam standarisasi kok seperti bahan terbuat dari busa karet dan bulu angsa, memiliki 16 bulu angsa, Panjang bulu angsa 62-70 mm, ujung bulu membentuk lingkaran dengan panjang 58-66 mm, diameter setengah lingkaran 25-28 mm, dan berat 4,47-5,50 gr.

B. Teknik Dasar
Permainan bulu tangkis tidak hanya memerlukan kekuatan tangan agar dapat melakukan pukulan keras. Akan tetapi, dibutuhkan keselarasan antara kecepatan, ketepatan, dan keseimbangan tubuh agar pergerakan dalam mengembalikan  kok dapat dilakukan. Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis yaitu memegang raket posisi berdiri ( stance ), gerakan kaki ( Footwork ), servis, pukulan forehand, backhand dan smash. Namun pada pembelajaran kali ini, kamu akan mempelajari empat teknik dalam permainan bulu tangkis, yaitu teknik memegang raket, gerakan kaki, servis, dan smash.

1. Teknik Posisi Berdiri ( stance )
Teknik posisi berdiri (stance) merupakan teknik paling dasar untuk mempelajari bulu tangkis. Teknik posisi berdiri atau biasa disebut teknik siap ialah posisi badan yang siaga dalam menyambut datangnya bola dari lawan. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu praktikkan.

a. Berdirilah dengan posisi siap menerima bola.
b. Tekuk siku dan lututmu.
c. Bungkukkan badanmu.
d. Posisikan raket berada di depan

2. Teknik Memegang Raket
Dalam bulu tangkis memegang raket tidak boleh sembarangan dilakukan. Hal ini karena dengan memegang raket dengan benar, maka pukulan yang kamu hasilkan akan menjadi terarah dan kualitas pukulan akan menjadi baik. Teknik memegang raket dapat dibedakan menjadi empat, yaitu American grip, backhand grip, forehand grip, dan combination grip.

a. Aktivitas memegang raket teknik American grip
Cara memegang raket dengan American grip merupakan teknik memegang raket dengan cara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian bawah pegangan raket. Teknik memegang ini dapat kamu gunakan untuk melakukan smash di depan net. Cara melakukan American grip ialah sebagai berikut.

1). Ambil raket dengan memegang bawah pegangannya.
2). Ibu jari dan jari telunjuk menempel pada permukaan bagian bawah pegangan raket.

b. Aktivitas memegang raket teknik backhand grip
Cara memegang raket dengan backhand grip merupakan teknik memegang raket dengan cara ibu jari berada di belakang. Sedangkan jari-jari yang lain berada di depan. Teknik memegang ini dapat kamu gunakan agar kok yang dipukul dapat melaju dengan cepat. Berikut ini cara melakukan backhand grip.

1). Ambil raketmu dengan memegang bawah pegangannya.
2). Letakkan ibu jarimu di bawah dan jari-jari berada di atas permukaan raket.
3). Pegang raketmu dengan posisi miring

c. Aktivitas memegang raket teknik forehand grip
Cara memegang raket dengan forehand grip merupakan teknik memegang raket dengan cara ibu jari dan jari telunjuk berada di pegangan raket yang memiliki ukuran kecil. Teknik ini dapat kamu gunakan untuk melakukan smash dan memukul kok yang berada di atas net. Berikut ini cara melakukan forehand grip.

1). Ambil raketmu dengan sedikit memegang ke arah bagian tengah.
2). Letakkan ibu jari dan jari telunjukmu ke bagian gagang raket yang memiliki ukuran kecil.
3). Posisikan ibu jari dan jari telunjukmu agak ke tengah raket.
4). Peganglah raketmu dengan posisi miring.

d. Aktivitas memegang raket teknik combination grip
Combination grip adalah cara memegang raket dengan mengubah cara pegangan raket yang disesuaikan dengan arah datangnya kok dan jenis pukulan. Cara memegang raket dengan combination grip merupakan teknik memegang raket menggabungkan teknik backhand dan forehand. Hal ini dilakukan karena kok dalam permainan bulu tangkis memiliki pergerakan yang susah diprediksi. Oleh karena itu, cara memegang raket pun dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat diatasi dengan combination grip. Kelebihan dari teknik ini yaitu pemain tidak perlu merubah posisi raket saat akan memukul kok. Kelemahannya adalah pegangan combination grip sulit dicermati. Sebab pegangan raket combination grip mudah untuk melakukan pukulan bola yang datang ke arah tubuhnya karena pegangan ini ibu jari mudah digeser. Cara melakukan sebagai berikut.

1). Raket yang dipegang dalam posisi miring.
2). Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

3. Teknik Gerakan Kaki ( footwork )
Bulu tangkis ialah olahraga yang menggunakan keselarasan antara gerak tangan dan kaki. Dibutuhkan suatu pergerakan yang cepat agar kok yang dipukul oleh lawan dapat dikembalikan. Teknik gerakan kaki agar dapat bergerak leluasa dalam permainan bulu tangkis disebut footwork. Kecepatan gerakan kaki tidak dapat dicapai apabila footwork nya tidak teratur. Jadi, manfaat menguasai footwork dalam permainan ini sangat penting untuk pergerakan pemain. Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan aktivitas footwork.

a. Gerakan kakimu dua langkah dari kanan dan ke kiri.
b. Gerakkan kakimu dari posisi tengah lapangan sampai ke belakang.
c. Kemudian, lanjutkan gerakan ke arah depan.
d. Kamu juga dapat menggerakkan kaki secara zig-zag.

4. Teknik Servis
Pukulan servis adalah pukulan yang dilakukan seorang pemain bulu tangkis secara diagonal yang bertujuan untuk memulai pertandingan. Macam-macam pukulan servis sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pukulan servis pendek ( forehand ) dan pukulan servis panjang ( backhand ).

a. Aktivitas servis pendek ( Forehand )
Servis pendek ( forehand ) merupakan servis yang dilakukan dengan pukulan yang pendek untuk melewati net. Tujuan dari pukulan ini ialah agar kok jatuh pada daerah servis lawan serta membuat lawan tidak bisa melakukan pukulan smash. Berikut cara melakukan servis pendek ( forehand ).

1) Pukullah kok dengan kekuatan yang tidak besar menggunakan raket.
2). Tekuklah sikumu.
3). Arahkan secara diagonal.

b. Aktivitas servis panjang ( backhand )
Servis panjang ( backhand ) merupakan servis yang dilakukan dengan pukulan yang panjang untuk melewati net. Tujuan dari pukulan ini ialah agar lawan tidak dapat mengembalikan kok yang telah dipukul. Kamu dapat menggunakan teknik ini untuk pukulan lob, yakni memukul kok setinggi mungkin agar jatuh di belakang daerah lawan. Berikut langkah-langkahnya.

1). Peganglah kok dengan tangan kiri dan raket tangan kanan.
2). Ayunkan raketmu untuk memukul kok dengan kekuatan yang besar.
3). Arahkan secara diagonal.

5. Teknik smash Bulu Tangkis
Smash adalah sebuah pukulan yang keras yang dilakukan oleh pemain guna menjatuhkan kok di daerah lawan. Smash merupakan pukulan efektif yang dilakukan pemain untuk mendapatkan poin. Namun, jika pukulan smash dengan salah dilakukan maka bisa saja pemain yang melakukan smash yang merugikan. Hal ini karena pukulan smash gagal yang disebabkan oleh kurang terarahnya pukulan kok dan teknik yang digunakan salah. Berikut langkah-langkah teknik dasar smash.

1). Pegang raketmu dengan benar.
2). Tekuklah dua kakimu.
3). Posisikan kok di atas kepalamu
4). Pukulan kok dengan meluruskan tangan dengan kekuatan pergelangan tangan.

D. Gerak Spesifik dan Kombinasi
Setelah kamu mengetahui teknik apa saja yang digunakan pada permainan bulu tangkis. Sekarang kamu dapat melakukan aktivitas spesifik permainan bulu tangkis.

1. Aktivitas Pembelajaran Servis Forehand dan Backhand Melewati Net
Lakukan aktivitas ini secara berpasangan. Salah seorang siswa melakukan servis forehand sampai kok melewati net, lalu siswa yang diseberang net melakukan backhand hingga kok menyeberangi net. Lakukan secara bergantian dengan siswa lain. Dapat juga dilakukan dengan terus memainkan kok bergantian sampai kok menyentuh tanah.

2. Aktivitas Pembelajaran Footwork Sambil Memukul Kok
Lakukan aktivitas ini secara berpasangan. Salah seorang siswa menjadi pengumpan servis kok pada siswa yang melakukan footwork. Arah kok dapat divariasi datangnya. Lakukan footwork dengan memukul kok sampai melewati net.

3. Aktivitas Pembelajaran Smash Berpasangan
Lakukan aktivitas ini secara berpasangan. Salah seorang siswa melakukan memberikan umpan tinggi sampai kok melewati net, lalu siswa yang di seberang net melakukan smash hingga kok menyeberangi net. Lakukan secara bergantian dengan siswa lain. Dapat juga dilakukan dengan terus memainkan kok bergantian sampai kok menyentuh tanah dengan saling memberi umpan smash.

D. Aturan Permainan
Dalam permainan bulu tangkis diberlakukan sistem poin. Dalam bulu tangkis sendiri maksimal dilakukan tiga set pertandingan. Oleh karena itu, permainan bulu tangkis tidak dapat ditentukan waktu berlangsungnya secara pasti. Tim yang dapat mencapai poin 21 terlebih dahulu akan dinyatakan sebagai pemenang.

Apabila dua tim memiliki poin yang sama-sama 20, maka akan diberlakukan sistem deuce. Deuce adalah jika 2 tim sama-sama memiliki nilai 24 (24-24) maka pertandingan dilanjutkan hingga salah satu tim memiliki selisih 2 poin dari tim lainnya (26-24, 27-25, dst).

Pemain yang dinyatakan pemenang dalam bulutangkis ialah orang atau tim yang dapat memenangkan dua set. Dalam BWF juga sudah terdapat aturan-aturan yang berlaku mengenai suatu tim dalam permainan bulu tangkis. Tim yang dimaksud di sini ialah orang-orang yang ikut serta dalam berlangsungnya sebuah pertandingan bulu tangkis. Berikut ketentuan-ketentuan tim dalam bulu tangkis yang perlu kamu ketahui.

1). Terdapat 5 kategori permainan berdasarkan jumlah pemain.
2). Permainan tunggal dapat dikategorikan tunggal putra dan putri.
3). Permainan ganda dapat dikategorikan menjadi 3, ganda putra, putri, dan campuran.
4). Tidak ada pemain cadangan.
5). 1 wasit utama.
6). 1 servis judge.
7). 6 Lineman.




Related Posts

Posting Komentar