Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar

Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan menendang bola kian-kemari untuk diperebutkan para pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan juga mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Dalam permainan ini, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang.

Sepak bola merupakan permainan dua regu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.

Kita mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepak bola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah kemari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut "English Football Assosiation". Tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional dengan nama "Federation International de Football Assosiation" (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali.

Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama "Piala Soeratin atau Soeratin Cup" (www.pssi-football.com)

Sebelumnya, kamu telah belajar gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif pada permainan bola besar. Sekarang, kamu akan belajar mempraktikkan kombinasi beberapa gerak tersebut dalam sebuah rangkaian pembelajaran gerak. Misalnya, melakukan gerak menendang bola sambil berlari pada permainan sepak bola. Rangkaian gerak tersebut meliputi gerak berlari ( lokomotor ) dan gerak menendang bola ( manipulatif ). Sangat mudah untuk melakukannya, bukan ? Mari kita praktikkan pembelajaran kombinasi gerak tersebut dengan disiplin dan penuh percaya diri.

1. Pembelajaran Kombinasi Gerak Dasar Melalui Permainan Sepak Bola
Pembelajaran kombinasi gerak dasar melalui permainan sepak bola dapat dipraktikkan dengan cara berikut.

A. Pembelajaran Menendang Bola Tanpa/dengan Awalan Berlari
Pembelajaran gerak menendang bola dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya sebagai berikut.

1. Menendang Bola Tanpa Awalan
Berikut ini merupakan pembelajaran gerak menendang bola tanpa awalan.

a). Bentuklah dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 orang.

b). Setiap kelompok baris bersaf ke samping atau banjar ke belakang sesuai dengan jumlah bola dan saling berhadapan dengan kelompok lainnya.

c). Tentukan batas atau jarak tendangan antarkelompok 6-8 meter.

d). Setiap siswa yang menguasai bola, melakukan tendangan tanpa awalan kepada teman yang ada di depannya.


2. Menendang Bola dengan Awalan Lari

Untuk pembelajaran gerak menendang bola dengan awalan berlari, lakukanlah seperti pada pembelajaran gerak menendang tanpa awalan. Pada pelaksanaannya, kelompok penendang bola mundur 5 meter ke belakang. Kemudian, lakukan awalan lari sebelum menendang bola.


B. Pembelajaran Gerak Menggiring Bola Sambil Berjalan atau Berlari
Sama halnya dengan menendang bola, pembelajaran gerak menggiring bola sambil berjalan atau berlari, ikutilah langkah-langkah berikut dengan disiplin dan sportif.

1). Bentuklah beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 10 orang.

2). Buatlah beberapa rintangan untuk melakukan gerak menggiring bola dengan menggunakan cones atau tanda lainnya yang tidak membahayakan.

3). Setiap kelompok dibagi dua regu, lima orang berada pada garis start atau pada awal rintangan dan lima orang berada pada akhir rintangan. Kedua regu berbaris berbanjar dan berhadapan.

4). Praktikkan gerak menggiring bola sambil berjalan atau berlari melewati rintangan. Lakukanlah gerakan secara bergantian dengan barisan yang ada di depan.


C. Pembelajaran Gerak Menyundul Bola Tanpa/dengan Awalan
Menyundul bola sering dilakukan dalam permainan sepak bola. Gerak menyundul bola dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyundul bola dalam posisi diam ditempat, dengan awalan berlari, ataupun melompat. Awali dengan berlatih gerak menyundul tanpa awalan terlebih dahulu. Agar dapat mempraktikkannya dengan baik, perhatikan langkah berikut dengan penuh disiplindan tanggung jawab.

1). Bentuklah lingkaran bersama kelompokmu, salah satu anggota kelompok berdiri sambil memegang bola.

2). Siswa yang memegang bola melambungkan bola untuk memulai latihan.

3). Lakukan gerakan menyundul bola di tempat ke arah siswa lain secara bergantian.

4). Seluruh anggota kelompok mendapat giliran melakukan gerak menyundul bola.


2. Pembelajaran Kombinasi Gerak Dasar Melalui Permainan Bola Voli

A. Pembelajaran Gerak Mengumpan Bola Tanpa/ dengan Awalan

Kombinasi gerak mengumpan bola dapat dipraktikkan dengan tanpa awalan. Berikut ini langkah-langkah untuk mempraktikkannya.

1). Dua kelompok berdiri berhadapan dengan batas net dan salah satu siswa memegang bola.

2). Lempar bola lurus ke atas kepala.

3). Rendahkan posisi tubuh dan lengan ditekuk dan posisi jari-jari tangan menghadap kearah datangnya bola dan bersiap untuk mengumpan bola.

4). Pada saat bola mengarah ke bawah dan mengenai hari tangan raih bola kemudian pantulkan hingga berhasil melambung keatas.

5). Gerakan dapat dipraktikkan dengan awalan berjalan atau melangkah mendekati arah jatuh bola sebelum mempraktikkan gerak mengumpan bola.


B. Pembelajaran Gerak Melemparkan-Memukul Bola Tanpa/dengan Awalan

Kombinasi gerak melemparkan dan memukul bola dapat dipraktikkan dengan/tanpa awalan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mempraktikkannya.

1). Dua kelompok berdiri berhadapan dengan batas net, dan salah satu siswa memegang bola.

2). Lemparkan bola lurus ke atas kepala.

3). Putar tubuh kesamping dan tarik lengan pemukul ke belakang atas kepala

4). Ayun lengan ke depan, pukul bola dengan tepat, dan arahkan agar melewati net.

5). Gerakan dapat dipraktikkan dengan awalan berjalan/ melangkah mendekati arah jatuh bola atau melompat sebelum mempraktikkan gerak memukul bola.


C. Pembelajaran Melemparkan-Memantulkan Bola Tanpa/ dengan Awalan

Kombinasi gerak melemparkan dan memantulkan bola dapat dipraktikkan dengan/tanpa awalan. Berikut ini langkah-langkah untuk mempraktikkannya.

1). Dua kelompok berdiri berhadapan dengan batas net, dan salah satu siswa memegang bola.

2). Lemparkan bola lurus ke atas kepala.

3). Rendahkan posisi tubuh dan lengan siap untuk memantulkan bola.

4). Pada saat bola mengarah ke bawah dan mengenai lengan, pantulkan bola hingga melambung ke  atas

5). Gerakan dapat dipraktikkan dengan awalan berjalan atau melangkah mendekati arah jatuh bola.


(Khairul Hadziq, M.Pd)
khairulhadziq@gmail.com


Related Posts