Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Sehari-hari

Posting Komentar
Dalam pergaulan sehari-hari , kita harus dapat menunjukkan perilaku terpuji, baik kepada anggota keluarga, teman, atau masyarakat sekitar. Semua orang yang dapat menunjukkan perilaku terpuji dalam pergaulan akan memberi manfaat yang baik bagi dirinya dan orang lain.

1. Perilaku Terpuji terhadap Teman

Perilaku terpuji terhadap teman dapat kita tunjukkan pada saat kita bermain ataupun belajar. Seperti yang dilakukan Andi, ia mengingatkan temannya agar membuang sampah pada tempatnya. Selain mengingatkan teman, ia mau berbagi bola yang ia miliki pada saat belajar olahraga sehingga temannya mendapatkan kesempatan untuk belajar menendang bola. Selain itu, ia juga menolong temannya yang terjatuh pada saat berlari.

sepak bola

Pada saat belajar gerak menendang bola ke gawang, Edo menyerobot barisan dan berpindah ke barisan paling depan karena ingin cepat mendapat giliran menendang bola. Andi mencoba mengingatkan Edo untuk antre menunggu giliran menendang bola. Andi mengingatkan dengan cara baik-baik agar tidak terjadi pertengkaran dengan Edo. Andi juga membantu temannya yang kesulitan melakukan gerak sikap jembatan pada saat pembelajaran senam.

2. Perilaku Terpuji terhadap Orang yang Lebih Tua

Perilaku terpuji terhadap orang yang lebih tua juga harus kita lakukan, baik kepada orangtua, kakak, guru, atau kakak kelas di sekolah. Jika kita berbicara dengan mereka, tentu kita harus berbicara dengan sopan karena hal tersebut dapat membawa manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah keluarga andi. Mereka sudah terbiasa menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Pada suatu hari, kakak andi tidak menggosok gigi sebelum tidur. Andi mengingatkan kakaknya untuk menggosok gigi dengan kata-kata yang sopan sehingga kakaknya mau menerima dan segera menggosok gigi sebelum tidur.

3. Perilaku Terpuji terhadap Orang yang Lebih Muda

Perilaku terpuji harus kita tunjukkan kepada semua orang agar kita dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita sendiri dan bagi orang lain, seperti yang dilakukan Andi. Ia sangat senang bermain bola. Ketika memiliki waktu luang, Andi selalu pergi ke lapangan untuk bermain bola bersama teman-temannya. Andi pun bermain dengan semangat. Selesai bermain, Andi dan yang lainnya berkumpul di pinggir lapangan dan dan berbincang. Ketika berbincang, Eko (adik kelas Andi) mengeluh kepalanya gatal. Andi memberikan nasihat kepada Eko supaya memelihara kebersihan rambut dan kulit kepala dengan mencucinya secara teratur.


Penjas Orkes dalam Kehidupan Sehari-hari.

Berani Berbuat Benar
Dalam kegiatan belajar dan bermain, kesehatan harus diutamakan. Pada saat belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, kita harus berusaha untuk selalu memelihara kesehatan sekligus mendapat ilmu dari pendidikan jasmani dan olahraga. Jika melihat tindakan teman, guru, atau orang lain yang kurang sesuai, kita harus berani berbuat benar. Artinya, kita harus menunjukkan perilaku terpuji agar memberikan dampak yang baik bagi banyak orang. Contohnya, jika melihat adik atau kakak kelas membuang sampah sembarangan, kita harus berani mengingatkannya untuk membuang sampah pada tempatnya. Begitu juga ketika melihat sampah berserakan, kita tidak perlu malu untuk memungut dan membuangnya ke tempat sampah.

Sama halnya ketika melihat orang lain, baik teman sebaya, orang tua, atau adik yang mengonsumsi makanan yang kurang sehat, kita harus berani untuk mengingatkannya agar mengurangi jajan yang tidak sehat. Tentunya hal itu disampaikan dengan bahasa yang sopan. Dengan begitu, kita dapat memberikan pengaruh yang baik bagi orang lain.


(Khairul Hadziq, M.Pd)
khairulhadziq@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar