Cara Melakukan Guling Ke Belakang ( Back Roll ) dan Lompat Harimau

Posting Komentar
Bila siswa telah dapat melakukan guling depan maka selanjutnya akan diberi latihan guling ke belakang.Cara melakukan guling kebelakang ( Back Roll ) sebagai berikut :


Latihan 1
Tidur terlentang angkat kedua kaki hingga mengenai lantai diatas kepala dan dilakukan secara berulang-ulang.

Latihan 2
Latihan seperti diatas dengan menempatkan menempatkan kedua tangan disisi telinga, dengan jari-jari menuju bahu.

Latihan 3
Latihan 1 dan 2 disertai tolakan kedua tangan lakukan secara berulang-ulang.

Latihan 4 
Sikap berjongkok,kedua tangan di sisi telinga menjatuhkan badan ke belakang,menolak dengan kedua tangan saat kaki melewati kepala.Pada saat menjatuhkan badan kebelakang kepala tidak mendahului,tetap dagu dekat dada.

Latihan 5
Latihan 4 dilakukan di atas matras yang dipasang condong atau miring

Latihan 6
Bila tolakan atas kedua tangan,tekukan kepala dan sikap kaki sudah baik,melakukan guling kebelaang dari sikap berdiri ( didahului sikap berjongkok ) pada matras yang dipasang miring.


Lompat Harimau

Lompat Harimau dapat diberikan bila siswa sudah menguasai gerakan guling kedepan.Cara melakukan lompat harimau sebagai berikut :


Latihan 1
Sikap jongkok,kedua lengan sejajar kemuka setinggi bahu.Tempatkan sebuah bola di depan siswa dan tugas siswa melompati bola tersebut diakhiri dengan guling depan.Jarak bola dan ujung kaki 30-40 cm.

Latihan 2
Seperti latihan 1,bola dijauhkan berjarak 50-60 cm

Latihan 3
Dengan awalan,guling depan diatas peti lompat/matras yang disusun setinggi 40 cm,jarak batas tolak lompat dan peti 60 cm.

Latihan 4
Matras direndahkan dan jarak diperjauh 80 cm..Selanjutnya dijalankan terus dengan mengurangi tinggi matras serendah mungkin.Tetapi disyaratkan daya tolak lompatan yang tinggi dengan sikap kedua lengan direntangkan lurus kedepan pada saat melompat.

Latihan 5
Dengan awalan,melompati tongkat yang dipegang tinggi 75 cm diakhiri dengan guling depan diatas matras yang tingginya 50 cm.Jarak batas lompat dan tempat mendarat 1 m,jarak tongkat yang dipegang kurang lebih 75 cm.

Latihan 6
Seperti latihan 5,dengan menambah tinggi tongkat yang dipegang atau meletakkan sesuatu benda sebagai rintangan dan memperbesar batas tolak lompat.

Latihan 7
Dengan awalan, melompat dan jah kedepan,mendarat dengan guling depan di atas matras tanpa diberi rintangan.

Dengan cara bantuan :
Pembantu berada di sisi matras dan siap untuk membantu.Pembantu dengan cepat mendekati tempat mendarat siswa di matras dengan menempatka tangan di tengkuk siswa dan membantunya dengan agak mengangkatnya.


Related Posts

Posting Komentar