Cara Melakukan Salto Depan dan Salto Belakang

Posting Komentar


Salto adalah suatu gerakan latihan yang bila dilihat kejadiannya adalah gerakan berguling di udara salto dapat dilakukan kedepan maupun kebelakang.Melihat dari sikap badan maka dapatlah dibedakan menjadi 2 yaitu salto jongkok dan salto dengan tangan direntangkan.

Latihan salto kedepan sebagai berikut:

1. Dengan awalan,melompat dengan tolakan atas kedua kaki,melakukan guling depan di atas peti lompat yang tingginya kira-kira sepinggang .

2. Sama dengan latihan 1 tanpa tangan menumpu pada peti lompat.Lompatan yang cukup tinggi dan badan membusur.

3. Mengulangi latihan 2 dengan peti lompat direndahkan dan diberi alas yang lunak.Pada latihan ini usahakan lompatan tetap tinggi dan saat di udara melakukan roll kedepan.

4. Dengan menggunakan pengikat pinggang dan dibantu oleh dua orang ,melakukan salto kedepan dari atas peti kurang lebih 30-40 cm

5. Melakukan latihan 4 diatas matras latihn 5 ini dilakukan dengan awalan 3 atau 4 langkah lompatan dan tetap tinggi keatas depan dibantu oleh 2 orang,dengan memakai tali pengikat.

6. Melakukan salto dari atas peti 30-40 cm dengan bantuan satu orang.Pembantu menangkap pada tengkuk dan membantu menggulingkan badan .

Latihan salto kebelakang sebagai berikut :

1. Dengan bantuan dua orang,memakai tali pengikat pinggang.siswa melakukan loncat-loncatan di tempat atas kedua kaki,diselingi satu loncatan tinggi keatas dengan menarik kedua lutut rapat kedada dengan kedua tangan memeluknya.

2. Dengan bantuan dan orang,siswa memakai tali pengikat melakukan salto kebelakang dari atas peti lompat ( berdiri di ujung peti dengan tolakan dari kedua lutut yang agak dibengkokkan dan ayunan kedua tangan keatas belakang ) .Pembantu menahan siswa diudara agak lama dan mendaratkannya di lantai.

3. Melakukan seperti latihan 2 di atas lantai.Latihan ini di ulang-ulang.Hingga pembantu merasa ringan,siswa meloncat tinggi dan mengguling kebelakang dengan penuh.

4. Melakukan latihan 3 dengan tanpa tali pengikat dan dibantu oleh satu orang.Pembantu hanya mengangkat dan menolak panggul siswa kebelakang pada saat siswa di udara.

5. Bagi yang loncatan keatas kurang tinggi dapat dilakukan latihan 2 ( ari atas peti lompat ) tanpa tali pengikat dan dibantu oleh satu orang tinggi peti lompat kurang lebih 20 cm.

6. Melakukan latihan 5 tanpa bantuan.Demikian selanjutnya dapat dilakukan di atas lantai.
Kesalahan umum yang sering terjadi dalam salto :
  • Siswa melempar kedua lengan kurang kuat kebelakang atas
  • Lompatan kurang tinggi
  • Badan terlalu kebelakang
  • Kedua lutut tidak ditarik

Related Posts

Posting Komentar