Cara Melakukan Guling Depan ( Forward Roll )

Posting Komentar
GULING DEPAN ( FORWARD ROLL )

Yang dimaksud dengan Guling Depan ialah berguling kedepan atas bagian belakang badan tengkuk,punggung,pinggang dan panggul bagian belakang.

forward roll

Latihan 1 
Siswa duduk di matras dengan kedua kaki dan lutut rapat.lutut dirapatkan sedekat mungkin ke dada.Pegang dengan kedua tangan pergelangan kaki atau kedua tangan memeluk kedua lutut.

Condongkan badan kebelakang,kemudian jatuhkan,pada saat itu dagu rapat ke dada dengan cara bebas siswa duduk kembali.Latihan ini diulang sampai siswa merasakan sikap membulatkan badannya.

Latihan 2
Latihan 1 diulang hingga siswa dapat duduk kembali ( ayunan ) kebelakang hingga duduk kembali tanpa melepaskan kedua kaki dari pelukan tangan.

Latihan 3
Melakukan latihan 2 dengan sikap permulaan jongkok.Kedua tangan tetap memeluk kedua lutut.Latihan ini diulang hingga siswa dapat duduk kembali.

Latihan 4
Siswa berjongkok dengan kedua tngan dan kaki rapat dengan kedua telapak tangan di atas matras.Angkat panggul keatas dengan bertumpu pada kedua tangan di matras .

Kedua siku tangan ditekuk,panggul tetap di tinggikan,dengan kepala masuk diantara kedua tangan,meletakkan belakang kepala di atas matras.Badan yang telah condong kedepan dijatuhkan kedepan,pada saat menggulingkan kedua tangan cepat memeluk kedua lutut yang dirapatkan kedada dan sikap dagu dirapatkan kedada.Siswa mengguling ke depan dengan sikap akhir memegang kedua lutut.

Latihan 5 
Latihan 4 diulang sehingga siswa dapat berakhir dalam sikap jongkok.

Demikian latihan diulang dengan irama yang lebih cepat menuju kepada penguasaan gerak dan sikap (bulat badan ) dari siswa.Sekalipun ulangan dilakukan dalam irama yang cepat namun sikap bundarnya badan tetap menjadi perhatian terutama sikap kepala yang ditekuk sedalam-dalamnya dan kedua lutut sedekat mungkin kedada ,yang membuat punggung setengah bundar.

Metode Bantuan
Bantuan pada dasarnya diberikan :
  1. Pada beberapa kali pelaksanaan,disaat diperkenalkan bentuk latihan Roll Depan.
  2. Pada siswa-siswa yang pelu mendapatkan bantuan disebabkan beberapa kekurangan pada siswa itu sendiri misalnya :
  • Rasa takut/malu
  • Otot leher yang kurang kuat
  • Kurang koordinasi
  • Gerak yang lamban
  • Postur badan gemuk dan sebagainya
Dalam bentuk mengguling ini,bantuan yang utama harus dijalankan adalah menyelamatkan benturan belakang kepala pada bagian matras yang keras dengan menempatkan tangan  dibelakang kepala.

Memberikan bantuan dengan cara diatas haruslah dijalankan dengan tangkas dan tepat.









Related Posts

Posting Komentar