Keterampilan Dasar Berkemah


Pramuka

Pernahkah kamu mengikuti kemah? Jika kamu pernah mengikutinya,tentu saja menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan,bukan? Kegiatan perkemahan merupakan sebuah pendidikan diluar sekolah agar siswa tidak merasa bosan,tetapi membuat mereka betul-betul mempelajarinya.Berikut ini  beberapa keterampilan dasar dalam berkemah :

1. Pengertian Berkemah
Kegiatan berkemah merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di luar rumah dalam beberapa waktu dengan menggunakan tenda dan alat-alat sederhana.Kegiatan berkemah yang dilakukan dengan tempat yang tepat dan benar akan membuat siswa dapat memetik pelajaran dari kegiatan berkemah contoh yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut adalah siswa dapat merasakan kehidupan yang sederhana dan bisa memanfaatkan keadaan yang serba kekurangan .Lokasi yang cocok untuk kegiatan berkemah biasanya di alam bebas atau tempat khusus berkemah.

2. Tujuan Berkemah
Salah satu tujuan berkemah adalah meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Selain itu berkemah dapat mengembangkan kepercayaan diri dan kepribadian,keterampilan,pengetahuan dan sebagainya.

3. Manfaat Berkemah
Kegiatan berkemah merupakan kegiatan yang disengaja untuk membentuk karakter siswa yang mandiri.Tetapi manfaat berkemah tidak hanya itu.Masih banyak manfaat lainnya jika dilakukan dengan cara yang benar.Manfaat lain dari berkemah berkemah sebagai berikut :
  • Mempertebal keyakinan terhadap Tuhan
  • Mengembangkan jiwa demokrasi dan gotong royong
  • Mengembangkan sifat kepemimpinan
  • Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan
  • Mengembangkan rasa cinta alam 
  • Mengembangkan sikap disiplin
  • Mengembangkan rasa percaya diri
  • Mengembangkan rasa cinta tanah air
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Menumbuhkan sikap peduli
4. Pemilihan Tempat Berkemah
Tempat berkemah yang baik adalah suatu tempat yang mendukung kegiatan berkemah dengan lancar dan aman.Tempat yang pas untuk melakukan kegiatan berkemah tentu saja harus tempat yang luas agar siswa dapat mendirikan tenda dengan sempurna.Berikut ini adalah syarat tempat melakukan kegiatan berkemah:
  • Memiliki pemandangan yang indah dan tersedianya untuk melakukan  aktivitas outdoor contohnya tempat upacara dan kegiatan lainnya.
  • Tempat yang aman dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab seperti pencuri dan kenakalan lainnya selain itu tempat harus bebas dari binatang buas dan tumbuhan beracun.
  • Tersedianya air bersih untuk keperluan memasak,mandi,mencuci dan sebagainya.
  • Tempat harus datar dan tidak tergenag air
  • Tempat yang mudah di akses baik itu berjalan kaki atau dengan kendaraan
5. Cara Mendirikan Tenda
Saat ini berbagai jenis tenda sudah banyak tersedia yang bisa digunakan untuk berkemah misalnya tenda berbentuk kubah,prisma,piramid dan lain-lain diantara jenis tenda yang mudah digunakan adalah tenda yang berbentuk kubah.

Keterampilan mendirikan tenda harus dimiliki siswa.Mengetahui jenis tenda akan menentukan cara mendirikannya,berikut ini beberapa cara mendirikan tenda :
  • Tenda diletakkan ditanah hingga membentuk bujur sangkar
  • Bagian pintu depan dan belakang tenda dibuka agar mudah memasang tiang
  • Ikat ujung tenda bagian atas yang berlubang
  • Masukkan tiang tenda pada lubang,lalu dirikan
  • Rapikan tenda agar tidak kendur dengan cara memindahkan pasak pada kedua ujung tiang hingga tenda benar-benar kuat.
  • Lubang pada setiap ujung tenda diikat,kemudian ikat pada pasak hingga benar-benar tegang.
Tanda Pengenal Gerakan Pramuka

Sekolah Ayu mengadakan kegiatan pramuka seminggu sekali. Kegiatan pramuka dilaksanakan pada sore hari. Ayu mengenakan pakaian seragam pramuka putri dengan lengkap. Pakaian seragam pramuka yang dikenakan Ayu terdiri atas tutup kepala, baju, rok, dan setangan leher. Selain itu, Ayu juga mengenakan kaus kaki dan sepatu.

Pakaian seragam pramuka siaga putri berbeda dengan pakaian seragam pramuka siaga putra. Pakaian seragam pramuka siaga putra terdiri atas tutup kepala, baju, celana, dan setangan leher. Selain itu, ada juga kaus kaki dan sepatu. Perhatikan gambar macam-macam pakaian seragam pramuka berikut.


Pakaian seragam pramuka Ayu dilengkapi tanda pengenal. Tanda pengenal gerakan pramuka adalah tanda yang dikenakan pada pakaian seragam pramuka. Tanda tersebut dapat menunjukkan segala sesuatu mengenai identitas seorang anggota gerakan pramuka. Identitas anggota pramuka, meliputi satuan, wilayah tugas, jabatan, dan kecakapannya. Contoh gambar pakaian seragam harian pramuka siaga yang dilengkapi tanda pengenal sebagai berikut.

Penggunaan Tanda Pramuka/Atribut Pramuka Siaga Putri


Penggunaan Tanda Pramuka/Atribut Pramuka Siaga Putri


Tanda pengenal gerakan pramuka dikelompokkan menjadi lima. Pengelompokkan tanda pengenal gerakan gerakan pramuka sebagai berikut.

1. Tanda Umum
Tanda Umum digunakan secara umum oleh anggota pramuka putra dan putri yang sudah dilantik. Tanda pengenal yang termasuk tanda umum yaitu tanda tutup kepala, setangan leher, tanda pelantikan, tanda harian, dan tanda pandu dunia (WOSM)

2. Tanda Satuan
Tanda satuan menunjukkan satuan atau kwartir tertentu tempat seorang anggota gerakan pramuka bergabung. Beberapa tanda pengenal yang termasuk tanda satuan yaitu tanda barung, tanda regu, tanda gugus depan, tanda lokasi kwarcab, dan lencana daerah.

3. Tanda Jabatan 
Tanda jabatan menunjukkan jabatan serta tanggung jawab anggota pramuka dalam lingkungan organisasi gerakan pramuka. Beberapa tanda pengenal yang termasuk tanda jabatan yaitu tanda pemimpin barung utama (sulung), tanda pemimpin barung, dan tanda wakil pemimpin barung.

4. Tanda kecakapan
Tanda kecakapan menunjukka kecakapan, keterampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang anggota gerakan anggota gerakan pramuka dalam bidang tertentu. Tanda kecakapan ini diberikan sesuai golongan usia anggota pramuka. Beberapa tanda pengenal yang termasuk tanda kecakapan yaitu Tanda Kecakapan Umum (TKU) dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) 

5. Tanda Kehormatan
Tanda kehormatan menunjukkan jasa atau penghargaan kepada seseorang atas jasanya bagi gerakan pramuka dan kepramukaan . Selain itu, tanda kehormatan juga diberikan kepada seseorang atas jasanya bagi masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia.




Related Posts